Kamis, 06 Juni 2013

Analisis novel " EIFFEL . . . I’M IN LOVE "



II.             Unsur Intrinsik
1.       Tema                     : Cinta yang Tak Terduga yang berawal dari kebohongan tentang perjodohan.
Kalau dipikir-pikir, mungkin semuanya ngga bakalan begini kalau Adit ngga bilang ke Tita tentang perjodohan ini. Boong untuk senang kan ngga ada salahnya juga.
2.       Alur                         : Maju
“ Seperti malam-malam biasanya, Tita, Papa, Bunda dan Alan sedang menikmati makan malamnya di ruang makan yang luas itu. ”
3.       Sudut Pandang    : Pelaku Utama sebagai orang ke tiga
“ Mereka kemudian berjalan menuju tempat duduknya tanpa bersuara. Untungnya film belum dimulai dan baru iklan-iklan saja saat ditayangkan. ”
4.       Setting                   :
a.       Tempat :
-          rumah Tita
“ Tita juga sebel. Ngga pernah dibolehin keluar. Rasanya pengen kabur dari rumah aja. Tita kan kesepian selalu di rumah sendirian. Serasa dipingit. ”
-          Mall
“ Hari ini merupakan salah satu hari bahagia bagi Tita. Tita sudah lama sekali ia tidak ke mall bersama orang yang tidak mempunyai hubungan darah dengannya. ”
-          Bandara
“ Sudah 30 menit Tita menunggu di bandara tetapi rasanya seperti se-abad. Jika tahu begini jadinya, Tita lebih baik berpura-pura terkena demam supaya tidak jadi pergi. ”
-          Sekolah
“ Gue mau nanya sama Tita kalo dia denger. Apa berita yang beredar di sekolah itu benar ? Soalnya tiba-tiba aja ada berita kalau Tita mau kawin dan kita udah putus ? Ada itu bener ? kalau misalnya mau putus bilang aja. Ngga usah bikin heboh satu sekolah. “
-          Kantin
“ Tita, beli bubur yuk ! ”, ajak Fara begitu sampai di kantin.
-          Kamar
“ Beresin  kamar! ” perintah Tita dengan mata yang setengah merem. Tita kemudian menuju ke kamar terdekat yang bisa ia jangkau yang tentunya tidak lain adalah kamar Adit.
-           rumah Adit
“ Di mana, nih ? Oh iya, di rumahnya Adit. Rasanya ngga percaya kalo udah sampe kesini. Rasanya baru kemaren gue ngelamunin kapan Adit pulang ke Indonesia. Sekarang maha gue yang nyamperin dia. “
-          menara Eiffel di Paris
“ Dasar manja ! Lo itu kalo ke Eiffel sekarang, pasti rame banget. Lagi pula lo lau kesana ngapain ? ”
-          Restoran
“ Setelah memberikan kunci pada petugas valet parking. Mereka berdua masuk ke dalam restoran tersebut. “
-          Bioskop
“ Hari ini filmnya apa ya ? ”, kata Tita sambil melihat-lihat poster-poster film yang dipajang di dalam bioskop.
b.       Waktu   :
-           Malam hari
“ Seperti malam-malam biasanya, Tita, Papa, Mama dan Alan sedang menikmati makan malamnya di ruang makan yang luas itu. “
-          2 tahun
“ Lain kali tapi kapan ? kita udah 2 tahun pacaran tapi ngga pernah pergi berdua. Apa Ergi yang harus minta izin sama nyokap ? ”
-          Besok
“ Begini, besok temen Papa mau dateng dari Perancis lao bisa, kamu pergi jemput ke bandara. “
-          2 jam
“ Belum dateng apanya? Om Reza udah nelpon kemari sampe sepuluh kali. Kamunya kok ngga dateng-dateng sih? Om Reza udah nungguin 2 jam lebih loh! ”
-          Waktu istirahat
 “ Tita, jajan yuk ! ”, ajak Fara pada waktu istirahat sekolah.
-          Hari ini
“ Hari ini merupakan salah satu hari bahagia bagi Tita. Tita sudah lama sekali ia tidak ke mall bersama orang yang tidak mempunyai hubungan darah dengannya. “
-          Pukul 10
“ Jam dinding di kamar Tita sudah menunjukkan pukul 10 yang berarti acara Tisam sudah dimulai di radio. ”
c.       Suasana
-          Menyedihkan
“ Eeeee.....hik! Eeeeeeee.... hik! ” Tita tak henti-hentinya menangisdi dalam kamar. Kamar tita sudah seperti kapal pecah dengan tisu dimana-mana.
-          Bahagia
“ Hari ini merupakan salah satu hari bahagia bagi Tita. Tita sudah lama sekali ia tidak ke mall bersama orang yang tidak mempunyai hubungan darah dengannya. “
-          Geram
“ Tita ingin menggigit tangannya, melihat kejadian itu. “
-          Kekecewaan
“ Kenapa sih lo Dit ? Emangnya Ergi salah apa ?kalo itu emang mau lo, kalo lo emang mau ngerusak malem pertama gue, lo berhasil Dit. PUAS ?!! Lo emang udah keterlaluan, Dit. Gue ngga nyangka lo setega ini sama gue. ”, kata Tita penuh amarah sambil menangis.
-          Gelisa
“ Siapa yang salting ?! ”, kata Tita yang menjadi salah tingkah.
-          Sunyi
“ Tita menunggu beberapa saat  tetapi Adit sama sekali ngga merespon. Ia sangat mengharapkan Adit membalas dengan kata-kata cinta yang romantis. “
-          Tegang
“ Mendadak jantung Tita berdebar kencang. Untuk apa Ananda ngomong kayak gitu sih, pikir Tita. Titanya sendiri kurang yakin dengan perasaannya sendiri. “
-          Menakutkan
“ Apa dia mau se-Jakarta tau kalo Tita nyimpen perasaan sama Adit? Gimana kalo Uni denger? Gimana kalo Ergi denger? GIMANA KALO ADIT DENGER?!” Tita menjadi takut.
-          Gaduh
“ Ia kemudian melihat kerumunan orang itu. Sepertinya ada sesuatu yanng membuat orang-orang tercengang. Ternyata ada yang berantem. “
-          Sepi
“ Adit kemudian melepaskan tangan Tita setelah sampai di pojok bazar dimana tidak ada orang yang berjalan kesana kemari. “
-          Senang
“ Waaah! Bagus banget! ”, seru Tita begitu melihat menara Eiffel yang bercahaya.
-          Ramai
“ Ngga. Bener-bener romantis, ya. Ternyata banyak juga orang yang pacaran disini. ”
5.       Tokoh               :

a.       Tita
b.       Adit
c.       Ergi
d.       Uni
e.       Ananda
f.        Intan
g.       Fara
h.       Alan
i.         Angga
j.         Mama
k.       Papa
l.         Om Reza

6.       Perwatakan       :
a.       Tita       : Manja, cengeng, cerewet
-          “ Iiih! Ya udah deh ngga jadi. ”, kata Tita manja sambil berjalan berbalik arah.
-          “ Makanya lo jadi anak jangan cengeng! Bisanya Cuma ngerengek sama nagis. Grecokin orang aja, tau ngga? ”, Kata Adit dengan ketusnya.
-          “ Apa? Cerewet? Eh, emangnya gue rela kawin sma cowok galak, sombong, angkuh kayak lo ? ”
b.       Adit       : Ketus, penyayang, pemarah
-          “ Kalo gue bilang Astrix, ya Astrix! ”, Kata Adit ketus.
-          “ Lo mau kemana? ”, kata Adit sambil menaruh jasnya di pundak Tita.
-          “ JANGAN PERNAH SENTUH TITA LAGI! INGAT ITU” , ancan Adit sambil menarik tangan Tita merapat ke tubuhnya.
c.       Ergi       : Pembohong, penakut
-          Ergi pembohong. Itu sudah jelas sekali ia berbohong. Untuk apa ia berbohong. Bilang aja sejujurnya kalau dia pergi dengan Fara. Tita tidak akan marah.
-          “ Dia tadinya ngga mau sekolah, katanya dia takut ketemu lo lagi. Terus dia pengen balik sama lo tapi ngga tau gimana caranya. Ketemu sama lo aja dia takut. Gimana bisa rujuk lagi.
d.       Uni       : Baik dan peduli pada teman
-          “ Itu artinya usaha gue nyomblangin lo berdua berhasil! Seneng deh gue. Hahahahaha ! ”
e.       Ananda : Selalu ingin tahu
-          “ Trus, trus ? ”, Nanda makin bersemangat mendengarkan cerita Tita. Dia bahkan tidak berkedip dan mulutnya setengah menganga.

f.        Intan     : Jujur, perusak hubungan orang
-           “ Lo tetep belom berubah sejak gue putusin. Selalu saja mengganggu hubungan orang lain ”
-          “ Intan udah cerita semuanya sama gue. Lo bayar dia untuk jadi cewek lo untuk semalem, kan? ”
g.       Fara      : Baik dan peduli pada teman
-          “ Gini ceritanya, gue kemaren lagi jalan ke mall sama temen les gue, trus gue ngga sengaja ngeliat Ergi jalan sama cewek. Dia merangkul tuh cewek mesra banget. Gue ngga bisa diem dong, ngeliat dia ngeboongin lo kayak gitu. Dan itu bukan untuk yang pertama kalinya dia berduaan sama tuh cewek. Gue udah pernah mergokin dia sebelumnya. Gue udah nyuruh dia untuk ngomong jujur sama lo. Dia juga udah janji sama gue untuk ngga ketemu sama cewek itu lagi, ternyata dia ngelanggar janjinya sendiri. Gue sebel makanya gue paksa dia untuk nelpon lo supaya dia ngaku udah nyeleweng atau gue yang terpaksa ngebongkar semuanya sama lo. Tapi lo nya waktu itu ngga ada di rumah. Gitu ceritanya. Lo ngga marah lagi kan sama gue ? ”
h.       Alan      : Penyayang dan perhatian
-          “ Iya sih, kakak emang lagi males di rumah. Tapi kan kamu bisa nelpon ke handphone kakak. Kakak pasti dengerin masalah-masalah kamu, kok. Asalkan kamu mau terbuka aja sama kaka. ”, kata Alan sambil merangkul Tita.
i.         Angga   : sabar, tidak mudah putus asa
-          “ ANGGA! Keren ngga, tuh. Dia dengan tenangnya ngebiarin Tita ngomel-ngomelin dia, nyuruh dia beliin makanan yang banyak untuk Tita, sampe nyediain tisu di mobilnya khusus untuk Tita. ”
-          “ Walaupun Angga ditolak, dia ngga putus asa. Dia tetep aja ngedeketin Tita. Dia minta Tita untuk temenan sama dia. Dan mereka berdua jadi temen yang akrab. ”
j.         Mama   : protektif
-          “ Asal kamu tahu aja, yang namanya mall itu ngg aman. Banyak pencopetan. Kalo ada yang iseng masukin narkoba ke minuman kamu, gimana? Bunda yang repot nantinya. ”
k.       Papa     : Pemarah
-          “ Belum dateng apanya? Om Reza udah nelpon kemari sampe sepuluh kali. Kamunya kok ngga dateng-dateng sih? Om Reza udah nungguin 2 jam lebih loh! ”
l.         Om Reza : Ramah dan baik
-          “ Ya ampun, kamu udah gede ya. Kelas berapa sih kamu? Tau ngga terakhir kali Om ngeliat kamu, kamu masih selutut Om. Kecil sekali.Ngga disangka sekarang udah sebesar ini. Udah banyak yang naksir dong. Udah jadi gadis. ”

7.       Konflik              :
a.       Batin
Pasti ini yang Adit maksud. Pantas saja ia langsung marah begitu Tita mengatakan bahwa ia tidak suka kelakuannya. Mungkin dia sakit hati.
b.       Fisik
Dan betapa kagetnya dia begitu melihat kedua orang itu bertengkar dengan sengit. Mereka berdua bertengkar hingga memar dan berdarah. Baru beberapa saat setelahnya, Tita menyadari kedua orang yang bertengkar itu tidak lain adalah Ergi dan Adit. Mereka saling melemparkan tinjunya yang kencangdan Ergi meninju wajah Adit hingga memar. Adit yang lebih tua dan besar meninju Ergi hingga tumbang.
8.       Gaya Bahasa    :
a.       Antiklimaks
“ Mau 3 hari kek, seminggu kek, sebulan kek, itu kagak ngefek! Yang penting gue mau minta tanggung jawab lo sekarang. ”
b.       Pleonasme
“ Gue ngga mungkin salah orang. Gue yakin banget itu Fara. Gue ngeliat dengan mata gue sendiri mereka lagi mojok di restoran sambil telpon. ”
c.       Repetisi
“ Uni, Uni, Uni, Uni lagi! Sebel, sebel, sebel, sebel lagi! BT! Laper! Kesel! Sedih! Malu! Pengen nangis deh, rasanya. ”
9.       Bahasa             : Umumnya Bahasa Betawi. Tetapi ada  juga Bahasa Inggris dan Perancis .
-          “ Gue Cuma bingung. Untuk apa lo jadian sama Uni kalo lo masih merhatiin Intan. Tau ngga, sebenernya keadaan lo ngga jauh beda dari keadaan gue. Malahan sama persis. ”
-          “ Ya ampun Tita. Masa lo mau kayak gini terus sih? It’s not the end of the world. Lo mesti menghibur diri dong. Masa lo mau sendirian aja di kelas. Liat aja tuh, semua pada turun ke bawah, tinggal lo doang. Makanya, turun yuk! ”
-          Oui. Uuuh, elle est tres tres jolie (dia sangat cantik)! ”, balas temannya Adit sambil tersenyum lebar pada Tita.
10.   Amanat             :
kalau kita memang melakukan sesuatu dengan bersungguh- sungguh, kita pasti akan mendapatakan hasil seperti yang kita inginkan, seperti Adit yang berusaha untuk narik perhatian Tita dan karena usahanya yang benar-benar serius membuat Tita menjadi Suka dengan Adit (seperti yang diharapkan oleh Adit).


III.        Unsur Ekstrinsik
1.       Nilai Kasih sayang         :
Orang tua pada dasarnya sangat menyayangi  anaknya. Orang tua tidak menginginkan hal yang buruk terjadi pada anaknya. Oleh sebab itu, beliau lebih memperketat dalam menjaga anak. Itu semua dilakukan karena orang tua sayang pada anaknya.
“ Asal kamu tahu aja, yang namanya mall itu ngg aman. Banyak pencopetan. Kalo ada yang iseng masukin narkoba ke minuman kamu, gimana? Bunda yang repot nantinya. ”

2.       Nilai kekeluargaan         :
Seorang kakak pasti selalu sayang dan melindungi adiknya. Kadang cara mengungkapkanya yang berbeda. Saat kita sedang bersedih, kakak pasti datang tepat waktu untuk menghibur.
“ Iya sih, kakak emang lagi males di rumah. Tapi kan kamu bisa nelpon ke handphone kakak. Kakak pasti dengerin masalah-masalah kamu, kok. Asalkan kamu mau terbuka aja sama kakak. ”, kata Alan sambil merangkul Tita.

3.       Nilai Moral                     :
Menjadi orang ke tiga dalam hubungan orang lain pasti tidak enak. Pasti nantinya akan menimbulkan fitnah. Saat kita dekat dengan seseorang, dan kita tau kalau seseorang tersebut sudah milik orang lain, sebaiknya kita menjauh dan tidak lagi menjalin hubungan dengan seseorang tersebut.
“ Lo tetep belom berubah sejak gue putusin. Selalu saja mengganggu hubungan orang lain ”

4.       Nilai Persahabatan         :
Sahabat yang baik, selalu ada di saat kita sedih dan senang. Apabila kita bahagia, sahabatpun juga ikut bahagia. Apabila kita sedang sedih, sahabatpun juga ikut sedih dan selalu senantiasa menghibur kita. Itulah sahabat sejati yang sebenarnya.
“ Gini ceritanya, gue kemaren lagi jalan ke mall sama temen les gue, trus gue ngga sengaja ngeliat Ergi jalan sama cewek. Dia merangkul tuh cewek mesra banget. Gue ngga bisa diem dong, ngeliat dia ngeboongin lo kayak gitu. Dan itu bukan untuk yang pertama kalinya dia berduaan sama tuh cewek. Gue udah pernah mergokin dia sebelumnya. Gue udah nyuruh dia untuk ngomong jujur sama lo. Dia juga udah janji sama gue untuk ngga ketemu sama cewek itu lagi, ternyata dia ngelanggar janjinya sendiri. Gue sebel makanya gue paksa dia untuk nelpon lo supaya dia ngaku udah nyeleweng atau gue yang terpaksa ngebongkar semuanya sama lo. Tapi lo nya waktu itu ngga ada di rumah. Gitu ceritanya. Lo ngga marah lagi kan sama gue ? ”

7 komentar:

  1. Muuci, it's so helpful :)

    BalasHapus
  2. iyah, sama-sama. senang bisa membantu :-)

    BalasHapus
  3. Tau ga download novel eiffel im in love dmana ya? Thankyou :)

    BalasHapus
  4. ini aku nemu link di youtube, semoga bisa membantu :-)
    https://www.youtube.com/watch?v=0PgBftSassE

    BalasHapus